selalu salah di mata mertua-salahpaham
in

Ekspektasi dan Realita Antara Menantu dan Mertua yang Kerap Bikin Salah Paham

Fenomena menantu terkekang dengan keberadaan dan kekuasaan mertua memang seperti fenomena gunung es dan belum banyak terungkap.

Impian kamu untuk hidup bahagia tiba-tiba pupus dengan kehadiran orang ketiga. Ups bukan selingkuhan swami, tetapi mertua yang galak …grrrrrrrr

Gimana tidak nyesek, kamunya yang sudah bela belain ningalin orang tua demi hidup bersama anak orang, bukannya dapat kebahagiaan eh malah ketemu sengsara akibat punya mertua yang kurang pengertian dan sok kuasa akan jiwa dan ragamu.

Emang sih kadang bener kata orang, hidup kadang tidak harus sesuai dengan ekspektasi, kadang apa yang kita hayalkan tidak serta merta sama dengan kenyataan. Kamu sudah mencoba berbuat sebaik mungkin, tapi tetap saja salah di mata mertua. Ada apa gerangan? apa dia tidak menyetujui hubungan kalian sejak awal? atau sikap dan prilaku kamu sehari-hari yang kamu tunjukin ke mertua tidak sesuai dengan harapan mereka?

misal saja…

Ekspektasi ibu mertua, kamu adalah wanita karir seperti kerja di bank, kerja di rumah sakit, kerja jadi guru atau jadi PNS. sedangkan realitanya kamu adalah ibu rumah tangga yang kerjaan seharinya hanya mengasuh anak.

Ekspektasi kedua; kamu adalah menantu yang bisa bangun pagi dan ikut membantu mertua untuk memasak dipagi hari. tapi realitanya, kamu adalah menantu yang sebetulnya paham harus bangun pagi, tapi karena si buah hati rewel semalaman dan kamu gak bisa tidur eh akhirnya bangun kesiangan.

Ekspektasi ketiga, mungkin saja mertua kamu memang tipe orang yang baper atau suka di perhatiin, misal suka diambilin nasi, suka di pijit, tapi faktanya; kamu adalah cewek yang super sibuk dengan urusan gadget entah itu urusan bisnis online sampingan atau apa, sehingga kamu lupa menanyakan mertua “ma apa sudah makan?” hmmm alhasil bisa jadi salah paham, dia ngira kamu menantu yang gak pernah perhatian alias cuek bebek.

Ekspektasi ke empat; mertua ingin kamu mengerjakan sesuatu yang serba cepat, akan tetapi karena kamu lagi hamil, jadi jangankan berlari berjalanpun kamu masih susah sehingga ibu mertua melihat kamu kerja lelet banget. “ih lelet banget sih, kapan selesainya kalo gini, hmmm!!! sini sini ibu aja yang selesein”.

Ekspektasi mertua; kamu bisa segera menabung dan beli rumah baru, tapi faktanya kamu masih punya cicilan bank buat biaya pernikahan terdahulu. Ini bisa saja menimbulkan kesalah pahaman, mereka mengira kamu menantu yang boros. Lebih lebih mertua lihat sosmed kamu sering selfie selfie makan ditempat yang mewah-mewah, Oh my good!!! dia akan mengira kamu itu hobi ambur ambur uang loh. Padahal faktanya kamu itu cuma numpang duduk di tempat mewah atau mall mall buat numpang selfie biar dibilang kekinian oleh temen-temen di sosmed.

Sesekali kamu pasti perlu yang namanya ke salon atau berhias, entah kenapa mertua yang selalu jealous, entah takut disaingi atau dia malah mikir kamu yang gak gak. apa sih maunya mertua? Ekspektasi orang tua, kamu itu selalu tampil sederhana dan hemat, akan tetapi faktanya swami kamu pengen kamu tampil cantik dengan penampilan dadan dan busana yang sesekali berbeda dari biasanya.

Semua ini akhirnya membuat kamu sering mengeluh, lebih-lebih kadang kamu akhirnya membuat “cuitan” di sosmed atau posting status yang sedikit “alay alay gimana gitu” dengan maksud agar dibaca oleh swami kamu atau mertua kamu sendiri kalau dia punya sosmed. hmmm…

Menempuh langkah “greget” seperti ini sih tidak 100% salah ya, cuma resikonya, kamu secara tidak sadar membuka aib ke orang banyak dan membeberkan keburukan keluarga kepada halayak ramai.

Tapi jika ini kamu anggap bisa mengurangi beban dan nyesek kamu, ya mau gimana lagi..

Tapi ada baiknya kamu bicarakan dengan pasangan. Pasangan yang baik pasti akan memberi solusi untuk meghadapi ini semua. Dan kuncinya adalah komunikasi loh.

Karena…

Espektasi mertua kamu; kamu bisa berbicara dan berkomunikasi dengan baik kepada mereka dan memahami apa yang mereka inginkan.

Sedangkan realitanya; kamu adalah menantu yang minta untuk diperhatiin juga dan mengerti apa yang kamu mau.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

pacar orang terlihat lebih cantik-salahpaham

Kenapa ya Rumput Tetangga Terlihat Lebih Hijau dan Menggoda???

ternyata swamiku yang mandul

Polemik Ketika Swami Gak Mau Ngaku Kalo dialah Yang Mandul