Modus di Internet yang Perlu Kamu Waspadai ya! Dari yang Bergaya Jorok Hingga Bergaya Professional

Modus di Internet yang Perlu Kamu Waspadai ya! Dari yang Bergaya Jorok Hingga Bergaya Professional

Penipuan atau tindakan jahat nyatanya gak terjadi di dunia nyata aja lho, melainkan di dunia maya juga. Ada beragam cara yang digunakan oleh penjahat atau orang usil untuk memenuhi apa yang dia inginkan. Nah, sebagai orang awam kita harus waspada selalu guys. Karena itu, kali ini admin akan ngasih tau beberapa modus modus kejahatan di Internet supaya kamu selalu aware dan tidak menjadi makanan empuk penjahat ya.

Sok – Sok an Jadi Temen Deket dan Ujung Ujungnya Minjem Duit

meminjam uang
meminjam uang, foto: kenhphunu.com

Mungkin penipuan yang satu ini sudah sangat banyak kamu temukan kan ya? Modus yang digunakan oleh pelaku adalah dengan melakukan hack atau meretas akun media social seseorang. Kemudian dia akan dengan leluasa melakukan kontak dengan teman teman si empunya akun tersebut. Kalo cuman say hi sih ga masalah ya, masalahnya adalah pelaku kemudian akan memanfaatkan keadaan. Misal pura pura kecelakaan terus pinjem uang lah, anak sakit butuh duit lah dan masih banyak lagi akal bulus yang lainnya. Tahu gak, bahkan ada juga kejadian pelaku ngaku ngaku jadi WNI yang nyasar di luar negeri dan pinjem uang. Biasanya dia janji bakal diganti sih, tapi NOL alias cuman omong belaka.

Mancing Kamu buat Lakuin Chat Jorok, di Rekam Terus Disebarin Deh. Nah Lho!

ilustrasi chat jorok
ilustrasi chat jorok, foto: jawapos

Modus yang kedua ini biasanya dilakukan untuk menjatuhkan lawan bisnis atau untuk kepentingan persaingan di dunia usaha. Tapi, bisa juga lho modus semacam ini digunakan untuk pemerasan. Misalnya aja ni pelaku bakalan ngancam kalo kalu gak ngasih uang atau nglakuin perintah yang dia inginkan, chat kamu bakal disebarin kemana mana. Hiii.. ngeri! Rusak deh nama baik kita. Mungkin sebagai solusi, ada baiknya kita jangan mudah diajak chat chat atau kegiatan aneh aneh macam itu sama orang yang tidak dikenal. Waspada!

Hati-Hati Banyak Maho Berkeliaran Lho Guys..

ilustrasi cowok maho
ilustrasi cowok maho, foto: malangtoday.net

Jaman sekarang emang aneh aneh ya, ternasuk modus yang ketiga ini. Maksudnya adalah ada beberapa pelaku, misal pelaku cowok ni, dia membuat akun media social dengan memasang foto dan profil cewek seksi nan cantik. Terus buat apa? Ya buat meras cowok cowok lainnya lah. Hehe.. selain buat pemerasan, bisa juga ajang ini dijadikan cara dia buat melampiaskan nafsunya sebagai seorang maho sejati.. hiii.. yang ini asli ngeri kan?

Waspada! Akun Kloningan yang Pake Foto Kamu

Wah, kalo yang satu ini kamu harus bener bener waspada guys. Ada beberapa pelaku kejahatan yang sengaja bikin akun medsos dan nyomot foto foto kamu. Terus tujuannya apa ya? Biasanya sih akun ini bakal dimanfaatkan untuk menjatuhkan orang lain. Bisa aja kemudian pelaku mengunggah foto foto pacarnya yang kurang sopan, mengungkapkan kata kata jorok dan kasar dan masih banyak lagi yang lainnya. Kalo kamu nemuin akun kamu di cloning kayak gini, mendingan kamu lapor polisi deh dan buat pengumuman di akun asli kamu kalo ada yang cloning akun kamu. Kenapa? Supaya temen temenmu tau dan nggak mudah percaya sama akun cloning itu.

Pernah Gak Beli Sesuatu di Online Shop Abal Abal, begitu Kita dah Transfer Kita di Delcon deh..

ilustrasi ol shop
ilustrasi ol shop, foto: smartbisnis.co.id

Modus ini pun buanyak banget terjadi guys. Jadi kamu harus super hati hati. Terutama buat kamu yang suka banget beli barang barang di online shop. Emang banyak banget sih online shop professional dan terpercaya, namun ada pula beberapa yang abal abal. Mereka biasanya akan melakukan delcon atau menghapus kontak kamu ketika kamu udah transfer sejumlah uang. Kalo udah gitu mau gimana coba? Biasanya mau di telp, sms, wa atau apa kek, dianya gak akan bales. Oleh karena itu, sedikit tips ni ya, ada baiknya kamu melakukan seleksi ketat dalam memilih online shop.

Misalnya, pilih online shop yang sering aktif. Kalo bisa pilih online shop yang terakhir update nya gak lama lama banget. Terus, coba hubungi toko online itu dan lihat bagaimana cara dia balas, cepet atau nggak, dll. Kalo admin sih males banget milih online shop yang lelet balesnya.. he. Selanjutnya, coba liat testimony testimony yang ada. Pilihlah online shop yang banyak memiliki testimony positif. Ada baiknya pula jika ini pemesanan pertama kamu, pesen dikit dulu aja deh supaya (amit amit ni ya..) misal kamu ketipu pun, rugi nya gak banyak.

Nah, itu tadi beberapa modus kejahatan yang sering terjadi di internet. Kamu pernah kena yang mana? Buat yang belum pernah kena, semoga jangan sampe kena ya.. sakitnya tuh disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *